Topic
Mon,02 September 2013 | Dibaca oleh Pengunjung

Kadarkum Mengendalikan Perilaku Warga

MAKASSAR, FAJAR--Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) diharapkan mampu mengendalikan perilaku warga. Kadarkum akan membawa pengaruh setidaknya ke lingkungan sekitarnya.
   
Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, melalui Sekretaris Kota (Sekkot), Agar Jaya, mengungkapkan, kadarkum akan menciptakan kader yang berbudaya taat hukum sesuai nilai-nilai lokal yang hidup dalam masyarakat.
   
"Serta untuk memenuhi aspirasi masyarakat sebagai bagian dari hak demokrasi," ujar Agar Jaya saat menghadiri pengukuhan pengurus Kadarkum Kelurahan Tamalanrea, Selasa, 27 Agsutus, pekan lalu.
   
Agar Jaya mengatakan, Kadarkum memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekelilingnya mengenai ketentuan peraturan dan perundang-undangan. Dengan demikian, mereka bisa saling mengerti mengenai persamaan hak dan asas kekeluargaan.
   
"Kadarkum selain memenuhi ketentuan administrasi, juga mempunyai maksud dan tujuan memberikan kontribusi terwujudnya ketertiban, keamanan, dan ketenteraman masyarakat yang merupakan bagian dari kebutuhan kita semua," imbuhnya.
   
Saat ini, pemkot sudah menyadari pentingnya pembentukan kadarkum di setiap kelurahan. Ini dimaksudkan karena kelurahan merupakan struktur terkecil pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan pelayanan. Diharapkan kesadaran hukum akan tumbuh mulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga hingga ke lingkungan sosial.
   
Kadarkum sendiri merupakan wadah bagi masyarakat yang sadar akan hukum. Bahkan strukturnya telah ada dari pusat hingga daerah. Setiap tahun mereka memiliki agenda untuk bertemu dengan kadarkum se-Indonesia.
   
Kelompok ini diberi kesempatan untuk mengekspresikan pengetahuan mereka mengenai undang-undang. Dari sana, kesadaran hukum diharapkan semakin meluas sehingga pada akhirnya mereka bisa mengendalikan sikap dan perilaku.
   
Kadarkum justru tidak akan terpancing oleh isu provokatif dan menyesatkan. Mereka juga tidak akan terpicu oleh isu konflik.
   
"Mengajak semua untuk lebih mengedepankan hubungan silaturahmi, utamanya kepada anak-anak kita. Baik siswa atau pun mahasiswa untuk senantiasa memberikan motivasi demi terwujudnya kesadaran hukum," papar Agar.
   
Kepala Bagian Hukum dan HAM Pemkot Makassar, Apriady, mengatakan, kadarkum merupakan upaya untuk mengembangkan budaya taat hukum bagi masyarakat. Hal ini selaras dengan kebutuhan perkembangan mengenai pemahaman regulasi oleh masyarakat.
   
"Kadarkum merupakan wadah yang dapat menciptakan kader-kader budaya taat hukum yang atas kesadarannya sendiri patuh melaksanakan aturan perundang-undangan," ujarnya. (zuk/min)

banner