18 July 2013 | 08:25 Dibaca oleh Pengunjung
Parepare Segera Miliki Pelabuhan Internasional

PAREPARE, FAJAR -- Kehadiran pelabuhan internasional di kota Parepare segera terwujud. Dalam waktu dekat, terminal penumpang sebagai salah satu prasyarat pelabuhan bertaraf dunia, akan diresmikan.
   
Meski belum rampung seratus persen, satu persatu bangunan di Pelabuhan Nusantara (Pelnus) Parepare telah difungsikan. Setelah gerbang elektrik, kini terminal penumpang pun akan dimanfaatkan.

Rencananya, peresmian dilakukan hari ke-15 Ramadan ini. Demikian disampaikan General Manager (GM) PT Pelindo IV Parepare, Suhadi, Rabu 17 Juli kemarin.

"Peresmian terminal penumpang Pelabuhan Parepare masih menunggu jadwal dari Direktur Utama Pelindo IV. Direncanakan H-15 lebaran sudah dapat difungsikan," terangnya.

Kendati belum diresmikan, kata Suhadi, H-15 lebaran, terminal tetap dfungsikan sementara demi memberikan pelayanan maksimal kepada calon penumpang. Adapun tambahan bangunan, untuk tahun ini belum ada.

"Direncanakan tahun 2014 akan kami usulkan untuk penambahan atap kanopi dari dermaga menuju pintu keluar di depan terminal penumpang," tambahnya.

Humas Administrator Pelabuhan (Adpel) Parepare, Mumammad Iqbal mengatakan bahwa diprediksi lonjakan penumpang akan mulai terjadi pada H-15 lebaran. Terminal penumpang yang berkapasitas 5.000 orang bisa menampung penumpang, baik yang datang atau yang berangkat.

Sebelumnya, mantan General Manager (GM) PT Pelindo IV, Aris Tunru mengatakan pengembangan pembangunan pelabuhan berstandar internasional ini menelan dana kurang lebih Rp 4,5 miliar. (dni/min)

Install Aplikasi Fajar