26 October 2013 | 10:09 Dibaca oleh Pengunjung
None Ajak Danny Lukis Pelangi

MAKASSAR, FAJAR -- Pasangan Irman Yasin Limpo-Busrah Abdullah (Noah) mengakui kemenangan Danny Pomanto-Syamsu Rizal (DIA), malam tadi. Mereka sekaligus menitip pesan khusus.

Dalam pidato konsesi atau pengakuan di Celebes Convention Centre (CCC), Irman Yasin Limpo mengajak DIA melukis pelangi di Makassar. None, sapaan Irman, memaknai pelangi sebagai sesuatu yang indah, meski beraneka warna.

Dalam kesempatan itu, None juga mengajak seluruh tim pemenangan dan simpatisannya agar melupakan kekalahan. Mereka juga diminta belajar untuk tahan terhadap berbagai cemoohan.

"Selamat kepada pasangan DIA yang telah memenangkan pilwali dengan suara terbanyak. Selamat mengabdi dan kami akan selalu berada dan bekerja juga untuk rakyat," kata None istri, anak, dan Busrah Abdullah di atas panggung.
Adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo itu tetap merasa menang. Tetapi, kemenangan atas keberaniannya melawan keterbatasan dan menghadirkan dinamika di tengah masyarakat.

"Dengan segala keterbatasan, kita telah menaklukkan hal-hal yang besar. Api semangat yang telah berkobar dalam diri kita selama ini akan terus menyala," teriaknya sambil mengepalkan tangan.

Dia juga menyebut bahwa api kecil yang berkobar saat ini akan berkobar suatu saat nanti. Ini isyarat bahwa None bakal kembali bertarung pada periode berikutnya.
None berpidato tunggal selama kurang lebih 15 menit. Busrah Abdullah yang berada di atas panggung tidak berbicara. Ketua DPD PAN Makassar itu hanya berdiri mendampingi None.

"Ini menjadi contoh bahwa sebuah kontestasi politik tidak mesti diakhiri dengan perkelahian, tetapi harus diselesaikan dengan cara-cara yang elegan dan terdidik," tambah None.

Pasca pilwalkot, mantan kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel itu mengaku tidak akan kembali ke jabatannya. Dia lebih memilih berkarier sebagai tenaga fungsional.

"Kalau diizinkan saya tidak ingin lagi menjabat jabatan struktural yang hanya mendisposisi (surat). Saya ingin menjadi jembatan antara konsepsi dan data yang ada dengan kondisi yang nyata di masyarakat," ujarnya.

Terpisah, wali kota terpilih Danny Pomanto menyambut baik pidato None. Dia mengatakan, pidato ini akan menjadi sejarah bagi perpolitikan di Makassar.

Soal ajakan None agar DIA melukis pelangi, arsitek terkenal ini mengatakan, makna pelangi sangat dalam. Sebagai orang profesional, dia mengaku siap menerima tantangan tersebut.

"Secara individu juga, kemesraan saya dengan Pak None selama ini memang tidak pernah berkurang, meski kelihatan kami bersaing," katanya.
Danny sendiri berencana menemui seluruh kandidat yang bertarung di Pilwalkot Makassar. Dia mengaku ingin meminta petunjuk demi membangun Makassar yang lebih baik.
Concession speech atau pidato konsesi None kemarin juga mendapat respons positif dari beberapa pihak. Ketua DPW PKS Sulsel, HA Akmal Pasluddin mengatakan, "Itu sebuah langkah maju dan modern dalam sebuah perhelatan politik." (kas/sap)

Install Aplikasi Fajar