Topic
Mon,20 May 2013 | Dibaca oleh Pengunjung

Unsulbar belum Bisa Laksanakan SNMPTN

MAMUJU, FAJAR -- Meski berstatus perguruan tinggi negeri (PTN), sistem penerimaan siswa baru di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) masih dilakukan seperti tahun sebelumnya. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang biasanya dilakukan oleh PTN baru bisa diterapkan Unsulbar pada tahun depan.

Pelaksana Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin membenarkan Unsulbar belum bisa melaksanakan SNMPTN pada tahun ini. Dia mengaku telah melakukan pembicaraan dengan Dirjen Dikti Kemendikbud RI, Joko Santoso di Jakarta.

"Arahan dari Pak Dirjen, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini masih seperti sebelumnya. Tapi nantinya setelah proses adminstrasi penegerian Unsulbar rampung, otomatis semua mahasiswa akan beralih menjadi mahasiswa perguran tinggi negeri," tutur Akhsan, Minggu 19 Mei.

Dialog antara Pelaksana Rektor Unsulbar, kepala dinas pendidikan serta anggota DPRD Sulbar dengan Dirjen Dikti itu sendiri berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, akhir pekan lalu. Akhsan menyatakan keberangkatannya ke Kemendibud atas petunjuk Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Sulbar (Yapisbar) yang juga Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh.

Menindaklanjuti arahan Dikti tersebut, panitia penerimaan mahasiswa baru Unsulbar tetap membuka loket pendaftaran di kampus Unsulbar, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene.

Akhsan mengatakan, setelah Unsulbar jadi PTN, upaya selanjutnya adalah memastikan Unsulbar memeroleh dana yang cukup dari pusat. Dalam pertemuan itu juga, telah dibahas tentang usulan Pemprov Sulbar dan Yapisbar mengenai alokasi dana untuk pembangunan Unsulbar dapat masuk di APBN Perubahan.

Selain pertemuan dengan Dirjen Dikti, Akhsan juga bertemu dengan Deputi Kesra Kemensetkab RI, Siswanto Roesyidi. Informasi yang diperoleh dari pertemuan itu, peraturan presiden penegerian Unsulbar yang ditandatangani 13 Mei lalu, saat ini masih dalam proses perundangan, dan setelah semua proses administrasi rampung, SK akan diserahkan dari pemerintah pusat ke Gubernur Sulbar.

Sekretaris Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unsulbar 2013, Ahmad Zamad, menjelaskan terdapat tujuh fakultas saat ini yang dikelola Unsulbar, yakni Fakultas Teknik, Kesehatan, Ekonomi, Perikanan Peternakan, Pertanian, Isipol dan MIPA.

"Pada umumnya fakultas dan jurusan diminati para calon mahasiswa, yang biasanya cukup tinggi pendaftarnya itu Ekonomi, pendidikan MatematikaIPA serta Hukum di Isipol," ungkap Ahmad Zamad.(yat)

banner