11 July 2013 | 08:58 Dibaca oleh Pengunjung
Pungutan Pendaftaran Ulang SMA Sampai Rp1 Juta

MAKASSAR, FAJAR -- Pembayaran biaya masuk di sekolah negeri ternyata tidak lepas dari sejumlah pungutan, baik SMA maupun tingkat SMP. Di SMAN 5 Makassar misalnya, siswa dibebankan membayar sekitar Rp985 ribu untuk  pakaian dan perlengkapan sekolah.

Hal yang sama juga terjadi di SMPN 8. Di sekolah grade 1 ini siswa juga dibebankan membayar Rp560 ribu untuk keperluan baju olahraga, batik, lambang tiga set, topi, dasi, tas sekolah, dan ikat pinggang.

Nena, salah seorang orang tua murid yang telah mendaftarkan anaknya di SMAN 5 mengaku, sudah membayar tarif yang dibebankan pihak sekolah dengan alasan untuk perlengkapan sekolah, seperti baju olahraga, putih abu-abu, pramuka, baju lab, almamater, dan topi. "Ini belum termasuk biaya komite yang menyusul untuk dirapatkan,"  ungkapnya. Semua ini, kata dia, harus dibeli di sekolah dan tidak boleh di luar.

Kepala SMAN 5 Makassar, Rahmat saat dikonfirmasi terkait pembayaran tersebut menampiknya. Menurutnya, sekolah menyarankan orang tua untuk membeli di koperasi sekolah tanpa adanya paksaan. "Bisa kok di luar sekolah," paparnya.

Sementara di SMPN 8 Makassar, pembayaran yang dibebankan kepada siswa yang lulus berkisar Rp560 ribu dengan alasan sama, yakni pembelian seragam.  "Bedanya di sini, tidak semua perlengkapan itu  harus di beli di koperasi sekolah," ujar Murni, orang tua siswa.

Kepala SMP 8 Makassar, Mustakim mengatakan, pihaknya tidak lagi membebankan uang komite kepada murid-murid baru yang lulus.

Di SMAN 2 Makassar juga berlaku sama. Sejumlah keperluan sekolah harus dibayar di koperasi. "Itu sudah ketentuan pihak sekolah. Apa boleh buat kita tentu harus patuh dengan yang satu ini, sepanjang tidak terlalu tinggi," kata seorang orang tua siswa yang sedang bergegas ke koperasi, kemarin.

Kepala SMAN 2, Masita, MSi menjelaskan, bahwa pembayaran yang dikenakan kepada masing-masing siswa itu bukan berupa pungutan liar. "Saya tidak paksakan untuk mengambil di koperasi. Tapi, ada seragam tertentu yang direkomendasikan untuk diambil melalui koperasi, yakni seragam olahraga dengan nilai Rp150 ribu. "Karena seragam tersebut tidak dijual di toko lain," ujarnya. (m03-m02/sil)

Install Aplikasi Fajar