04 July 2013 | 10:10 Dibaca oleh Pengunjung
Dana Pendidikan Gratis Dipending

MAKASSAR, FAJAR -- Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel  tidak akan mencairkan anggaran pendidikan gratis untuk Kota Makassar tahun 2013 sebelum mengembalikan anggaran pendidikan gratis yang diterima dari Pemprov tahun 2012.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Abdullah Djabbar, mengatakan, sampai saat ini dana pendidikan gratis untuk kota Makassar triwulan pertama dan kedua tahun 2013 masih dipending.

Jika ingin mencairkan dana tersebut, kata Djabbar, maka Pemkot Makassar harus mengembalikan dana pendidikan gratis senilai Rp13 miliar yang diterima tahun 2012 lalu.

Dana itu, jelas dia, harus dikembalikan ke kas Pemprov Sulsel karena tidak digunakan Pemkot Makassar, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Makassar.

"Di dalam peraturan gubernur, disebutkan bahwa apabila dana pendidikan gratis dari pemprov tidak digunakan, maka harus dikembalikan ke kas Pemprov. Di Kota Makassar ada anggaran pendidikan gratis untuk tingkat SMA senilai Rp13 miliar yang diterima tahun lalu, itu tidak digunakan dan belum dikembalikan sampai sekarang," ungkjap Djabbar, saat ditemui di rumah jabatan gubernur Sulsel, Selasa 3 Juli.

Karena alasan itulah, kata Djabbar, sehingga Pemprov belum mencairkan anggaran pendidikan gratis untuk Makassar dua triwulan terakhir. Dana pendidikan gratis untuk Makassar tahun ini, kata dia, mencapai Rp34 miliar lebih.      

Meski dipending, kata dia, namun bukan berarti sekolah dibolehkan melakukan pungutan saat penerimaan siswa baru tahun ini. "Kan pemerintah kota bisa mencairkan anggarannya yang 60 persen. Jadi tidak akan berimbas ke adanya pungutan dalam penerimaan siswa baru, meskipun anggaran pendidikan gratis kita pending," kata Djabbar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Mahmud BM, mengakui jika anggaran pendidikan gratis untuk tingkat SMA dari pemprov tahun anggaran 2012, tidak digunakan karena Kota Makassar belum memprogramkan pendidikan gratis tingkat SMA tahun 2012.

Pemkot Makassar baru memprogramkan pendidikan gratis hingga jenjang SMA pada tahun anggaran 2013. Mahmud berjanji akan segera mengembalikan dana tersebut ke Pemprov Sulsel. (kas/sil)

Install Aplikasi Fajar