Topic
Tue,21 May 2013 | Dibaca oleh Pengunjung

Dewan Apresiasi Keputusan Wali Kota

MAKASSAR, FAJAR -- Dewan Sulsel mengapresiasi atas pernyataan Wali Kota Makassar yang siap membuat regulasi perlintasan truk pada jam tertentu di Kota Makassar.

Sekretaris Komisi D DPRD Sulsel, Andi Januar Jaury mengatakan keputusan itu sangat tepat. "Hal ini harus didukung penuh Dishub Provinsi dengan mengkoordinasikan dengan kabupaten/kota penyangga pasokan material bangunan," kata Andi Januar, Senin 20 Mei.

Politikus Partai Demokrat ini menegaskan regulasi yang akan diberlakukan di Makassar ini belum terlambat, walau sudah menuai beberapa korban jiwa dan kerusakan jalan cukup parah di Makassar. Hanya karena Pemprov Sulsel terkendala kewenangan otonomi.

Menurutnya, masih ada hal urgen lain yang juga mesti mendapat perhatian tak kalah serius dari wali kota Makassar selaku penentu kebijakan di pusat kota Sulsel ini. Yakni, untuk perlintasan truk kontainer dan tronton menjangkau area tertentu, khususnya pelabuhan. Dia mengurai persoalan truk kontainer masih sering menjadi biang kemacetan, salah satunya di sekitar jalan arteri samping Jalan Tol Ir Sutami.

Kondisi ini diakibatkan tidak pasnya jalur tersebut untuk perlintasan kendaraan ukuran besar. Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Masykur A Sultan menegaskan sikapnya bahwa pembatasan operasional pengangkutan barang pada waktu, koridor dan jalan tertentu sepenuhnya diatur dan menjadi kewenangan kabupaten/kota.

Itu sesuai UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Dalam undang-undang ketentuan ini sudah jelas. Terkait kasus perlintasan truk di Makassar yang banyak disoroti masyarakat saat ini, cukup ditangani dengan Perwali," kata Masykur. (nur/sil)

banner