Topic
Sun,19 May 2013 | Dibaca oleh Pengunjung

Siswa Berburu Beasiswa ke Luar Negeri

HAI Guys ! Apa kabarmu sepekan ini ? Pasti kamu dah berdebar-debar ya tunggu kabar dari sobat kita di pelbagai daerah. Hehe.  Nah, kali ini sobat kita dari SMP Kristen Makale di Kabupaten Tana Toraja juga gak mau ketinggalan berbagi prestasi nih. Mau tau ? Mau tau aja atau mau tau banget. Hehe.

Oke deh, guys. SMP Kristen Makale ini makin memantapkan diri loh untuk tampil sebagai sekolah unggulan di Tana Toraja.  Segudang prestasi baik regional dan nasional sudah pernah diraihnya. Kini, sekolah yang terletak di  pusat kota Makale ini mengembangkan kerjasamanya dengan SMP Negeri 3 Denpasar  Bali demi meloloskan alumninya ke jenjang lanjutan di luar negeri. Itu terbukti tahun lalu, sobat kita di sana mulai  mengikuti seleksi penerimaan beasiswa untuk sekolah lanjutan ke Amerika, Australia, China dan Singapura.

SMP yang berdiri tahun 1950, ini memang terbilang tua dalam hitungan umur. Namun dari tahun ke tahun justru kian diserbu pelajar yang ingin mengenyam pendidikan di sekolah ini.

Mengusung misi unggul dalam prestasi berlandaskan iman Kristen, sekolah ini dilengkapi bangunan berlantai dua dengan  ruang belajar  18 unit, laboratorium, internet, perpustakaan dan ruang kesenian. Bahkan, kelolaan Yayasan Pendidikan Kristen Toraja(YPKT)  Gereja Toraja ini  tak hanya unggul dalam bidang akademik tapi juga punya seabrek prestasi  ektra kokurikuler.

Menurut data dari dari tahun 2004 hingga sekarang tercatat  20 prestasi akademik dan 40 non akademik. “ Itu prestasi juara pertama sampai  juara tiga, raihan ini adalah akumulasi semua pihak, para guru dan staf serta orang tua siswa, “ kata Kepala Sekolah SMP Kristen Makale, M Ka'la Lembang, STh, MPd beberapa waktu lalu.

Tak heran jika kemudian Sekolah yang terletak di bilangan poros utama Jl Nusantara,  Makale ini mendapat Akredetasi A dengan nilai 94 –amat baik. “Penilaian akreditasi itu menempatkan sekolah ini sebagai peraih nilai tertinggi di Tana Toraja. Hasil ini adalah dukungan semua pihak sehingga sekolah ini makin diminati, termasuk yayasan,“ ungkap M Ka'la.

Akreditasi tersebut  diperoleh dari Badan Akreditasi provinsi  tahun 2011 lalu sampai 2016. Sasaran mutu menurut Kala’ Lembang, antara lain adalah pengembangan metodologi, pembelajaran,  interaktif perintisan feeder school dan perintisan sister school. "Untuk mewujudkan ini kami telah bekerjasama dengan SMP Negeri 3 Denpasar sekolah berbasis internasional bulan desember tahun lalu, rintisan ini akan membuka kesempatan bagi lulusan sekolah kita untuk lanjut ke luar negeri, “ jelasnya.

Dukungan fasilitas yang berbasis teknologi , sekolah ini memiliki fasilitas perpustakaan dengan sistem  komputer dengan pemakai hingga ratusan siswa per harinya. Pengembangan lingkungan sekolah dengan konsep  go green , makin membuat suasana belajar kian sejuk. Pengembangan seni dalam berbagai kegiatan ekstra kurikuler  di sekolah ini tiada henti loh. “ Semua lomba kita ikuti, anak didik kita selalu bersemangat dalam pengembangan kemampuan seninya, “ ujarnya.

Prestasi akademik dan kokurikuler sekolah ini itu terlihat dengan sejumlah penghargaan dan piala memadati salah satu ruangan. Yang paling menonjol adalah kegiatan drum band, prestasinya hingga tingkat provinsi. Tahun 2010 dan tahun 2011 sekolah ini menjuarai lomba Drum band tingkat provinsi piala wakil gubernur dan Juara 1 display piala Kapolda Sulsel. “ Untuk juara kabupaten sudah berkali-kali, piala yang lain misalnya olah raga adalah sepak takrow, “ katanya lagi.(frederich/yan)

banner