Topic
Mon,20 May 2013 | Dibaca oleh Pengunjung

Tornado Hantam Oklahoma AS

OKLAHOMA, FAJAR -- Setidaknya satu tewas dan 21 terluka setelah topan tornado melanda kawasan Kansas, Oklahoma dan Iowa.
Angin kencang disertai hujan es dan petir tersebut meratakan lingkungan di sekitarnya dan memaksa warga yang ketakutan untuk berlindung. Tercatat empat pusaran angin yang menerjang pusat Oklahoma Minggu sore, termasuk satu dekat Kota Shawnee, 35 km sebelah tenggara dari Oklahoma City, yang memporakporandakan banyak rumah.

Menurut foxnews (20/5), tornado itu juga menghajar sebuah taman dan daerah sepanjang Interstate 40 sehingga jalan itu kini ditutup karena banyak traktor dan trailer terbalik serta menjadi sampah di jalan.

"Di seluruh negara bagian, 21 orang terluka, tidak termasuk mereka yang menderita luka ringan dan memilih tidak mengunjungi rumah sakit," kata Keli Cain, juru bicara Departemen Manajemen Darurat Oklahoma.
Gubernur Oklahoma Mary Fallin, memberlakukan keadaan darurat untuk 16 kota bagian Oklahoma yang menderita badai dan banjir selama akhir pekan.

"Tornado menyerempet kota pinggiran Oklahoma Edmond pada Minggu sore, menjatuhkan hujan es sebesar jeruk sehingga merusak atap bangunan dan struktur lainnya," ujarnya.

Sementara di Kansas, sebuah tornado ekstrim terlihat di sisi barat daya dari Wichita dekat bandara Mid-Continent. Carl Brewer, walikota Wichita mengatakan kepada Fox News bahwa kota itu diterjang angin kencang dan hujan es berukuran bola golf .

"Itu begitu buruk jika anda tahu bagaimana ketika tornado melanda. Hujan es merobek sisi rumah di Wichita, selain memecahkan jendela dan merusak mobil," ujar Carl.

Di Iowa, tornado mendarat 30 km sebelah barat Des Moines. Badai lebih parah diperkirakan bakal melanda kembali Oklahoma sehari setelah hujan es besar jatuh di barat daya negara. (esy/jpnn)

banner