23 December 2013 | 10:33 Dibaca oleh Pengunjung
2014, PT IKI Target Laba Rp10 Miliar

MAKASSAR, FAJAR -- PT Industri Kapal Indonesia (IKI) tengah merampungkan renovasi infrastrukur slipway atau tempat reparasi kapal yang dikerjakan sejak 2012 lalu. Melalui proyek yang menelan investasi Rp100 miliar itu, IKI menargetkan perolehan lamba Rp10 miliar.    
Sekretaris PT IKI, Ansyarief Khalid menuturkan slipway tersebut mampu menampung delapan unit kapal dengan masa pengerjaan (sesuai standar pelayanan) 20 hari kerja. Slipway ini mempunyai panjang dari rumah wings ke permukaan Laut 116 meter dan lebar 45 meter.    “Slipway ini bisa melayani kapal naik dock jenis ferry, kapal ikan, kargo dan sebagainya dengan kapasitas 500-1.000 DWT,” ungkapnya, kemarin.
   
Slipway ini akan dilengkapi dengan shifter atau fasilitas untuk menarik kapal dari laut ke darat dengan memakai tali sling, dengan panjang shifter 66 meter. Sementara rumah wings berfungsi untuk menarik atau memutar tali sling dari laut ke darat.
   
“Saat ini tinggal finishing berupa pengerjaan shifter dan rumah wings. Akhir November lalu, slipway itu sudah dapat digunakan untuk beberapa perbaikan kapal kecil,” jelasnya.
   
Melalui renovasi slipway ini diharapkan performa kinerja PT IKI dapat maksimal sehingga laba dapat meningkat di 2014 mendatang.
   
Data pembukuan PT IKI menjabarkan laba perhitungan November 2013 sekitar Rp7,3 miliar disumbang oleh reparasi kapal dengan share 60 persen.    “Kita tahu dan sadar bahwa pendapatan maupun laba selama ini masih kecil. Untuk itu kami mulai bangkit agar dapat meraih keuntungan yang maksimal. Dan semua kami mulai dengan slipway ini,” katanya. (rhd/die)

Install Aplikasi Fajar