Topic
Sat,08 June 2013 | Dibaca oleh Pengunjung

Italia Belum Bangkit

Valentino Rossi (kanan) - ANDREAS SOLARO...

7 Hari

30 Hari

60 Hari

JAKARTA, FAJAR -- Sebelum musim balap 2013 dimulai, publik Italia berharap rider mereka kembali ke takhta tertinggi MotoGP. Namun setelah lima seri berlalu, tanda-tanda era kebangkitan itu sepertinya belum terlihat. Harapan pencinta MotoGP Italia itu tentu beralasan. Pasalnya, rider Italia punya sejarah bagus di balapan kuda besi ini. Sejak 2001 hingga 2009, rider Italia di MotoGP sangat dominan. Dalam kurung waktu tersebut, rider Italia, Valentino Rossi menjadi juara tujuh musim balapan.

Hanya saja, di tiga musim terakhir, nyaris tidak ada lagi prestasi Italia di MotoGP. Rider Spanyol kini mengambil alih dominasi. Lewat Jorge Lorenzo, Spanyol memboyong dua gelar yakni di 2010 dan 2012. Satu gelar juara lainnya diraih pembalap Australia, Casey Stoner pada 2011. Mengingat Stoner sudah pensiun, dominasi kini sepenuhnya di tangan pembalap Spanyol.

Musim 2013 ini, dari enam pembalap Spanyol, tiga diantaranya; Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez ada di posisi teratas klasemen. Sementara dari lima pembalap Italia, posisi terbaik mereka di klasemen yakni kelima dan keenam. Andrea Dovizioso yang membela Ducati ada di posisi 5 sementara Rossi di posisi 6.

Sementara rookie, Andrea Iannone  di posisi 13 dan Danilo Petrucci  di peringkat 17. Pembalap Italia lainnya, Claudio Corti belum mendapat poin. Dibandingkan rider Inggris, Italia juga kalah bersaing. Cal Crutchlow ada di posisi keempat dengan poin 71.

Dari lima balapan yang telah berlalu, rider Italia hanya kompetitif di seri pembuka Qatar. Saat itu Rossi finis kedua di belakang Lorenzo. Setelah itu, posisi terbaik Rossi dan Dovizioso hanya finis keempat. Dia dua balapan terakhir Rossi malah terjerembab. Di Le Mans, Prancis ia finis ke 12 lalu saat balapan di kandangnya, Rossi malah tidak finis. Sementara Dovizioso, di Mugello, ia hanya finis keenam.

Meski belum mampu bangkit, pembalap Italia tetap jadi perhatian. Rossi misalnya, ia dipilih oleh FIM menjadi duta lingkungan hidup. "Saya bangga, terhormat dan senang, telah ditunjuk menjadi duta lingkungan hidup FIM," kata Rossi. (amr/nin)

banner